Psikologi Indonesia

Written By Budi Santosa on Rabu, April 16, 2008 | 17.00

DON’T CHANGE , BE UNIQUE !


Salam Kelirumologi dari saya, Marbusan ! Kali ini saya tertarik mengupas beberapa kelirumologi yang berasal dari mis-persepsi (maaf, saya mengkelirukan diri .Sebetulnya istilah yang tepat adalah DISTORSI APERSEPSI ) Psikologis Marketing .Kali ini saya memandang dari sudut pandang kelirumologi suatu perubahan dan bagaimana cara menyikapinya.



Saudara-saudara , saya menangkap kesan kelirumologis bahwa apabila dalam sebuah perusahaan mengalami kekalahan dalam hal “ Market Share “ , maka yang terjadi kemudian adalah suatu kepanikan yang mengarah pada suatu “ Change” strategi pemasaran atau (maaf ) kemudian “Imitasi “ strategi pemasaran perusahaan pesaing . Saya cenderung melihat bahwa ada pengertian yang keliru bahwa dengan menguasai “market share “ berarti konsep pemasaran anda disukai konsumen dan akan terus menjadi pemenang . Tidak demikian , saya kira karena bahkan dalam konsep fisikapun terdapat titik jenuh suatu benda , dalam hal ini juga berlaku dalam pemasaran baik jasa maupun produksi.
Saudara, bagaimana kalau saya menawarkan suatu konsep “Unique” ? Dalam hal ini , ada beberapa konsep yang ada dalam nama Unique ini , yaitu :
1. Unlike others .Tidak sama dengan yang lain , bagaimana diferensiasi marketing anda ?
2. Necessity. Berikan “A Little extra” sesuai kondisi yang acak dan sesuai kebutuhan , jangan secara kontinyu atau nilai lebih anda tidak akan mengena . Ingat prinsip Fading dalam konsep Conditional Response .
3. Intimate . Dekatilah konsumen anda secara personal dan jadilah teman setianya, ingat pepatah “a Friend in need is a friend indeed “.
4. Quality . Jangan Pernah melupakan aspek ini.
5. U.Maksudnya adalah “You” atau anda .Anda adalah anda yang juga bersifat unik, jangan pernah membandingkan atau mengimitasi konsep pemasaran perusahaan lain .Ingat , Perusahaan anda dan perusahaan lain tidaklah sama , jadi jangan menggunakan metode yang sama .Be “Unique “!
6. Exceed the Box . jangan mau terkungkung dengan peraturan market yang ada .Ciptakan pandangan-pandangan anda .Konsep E juga bisa berarti “Ethnic”yang berarti pendekatan sesuai kebudayaan masyarakat di tempat anda .

Bagaimana menurut anda , apakah anda berani berkata “ I don’t change but I want To Be “Unique “ ? “ .Salam Kelirumologi!

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Dont Change, Just Be Unique !. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Psikologi Indonesia
feedburner
Psikologi Indonesia © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By psikologiindonesia.blogspot.com , Powered By Blogger