Psikologi Indonesia

Written By Budi Santosa on Senin, Januari 25, 2016 | 12.50


Stres ? siapa yang tak kenal dengan "sahabat" yang satu ini ? Saya katakan sahabat karena semua orang baik dewasa maupun anak-anak mengalami hal ini .Yang menjadikan perbedaan adalah penyebab dan perspektifnya saja .

Banyak pula yang berpikir bahwa stres adalah 'penyakit' khas orang modern. Kehidupan yang semakin "keras" , tuntutan hidup yang semakin tinggi, hingga bergesemya nilai-nilai dianggap sebagai penyebab stres dewasa ini. Faktor eksternal seperti halnya krisis ekonomi, berbagai ben­cana alam (banjir, tanah longsor),  hingga konflik sosial yang terjadi belakangan ini turut menjadi faktor yang memperburuk keadaan stress .


Pola pikir yang irasional juga seringkali dijumpai menjadi penyebab stress. Munculnya kecemasan  akan  kondisi yang serba tidak menentu dan tak mudah diprediksi itu menjadi tekanan yang seringkali mel­ingkupi bahkan membebani benak kita.

Faktanya stres bukan hanya dialami oleh manusia modern saja, tetapi juga manusia pertama yang menghuni bumi ini.  Yang membedakan adalah  pada sumber pemicu stres. Stres yang dihadapi manusia purba seringkali berkaitan dengan kebutuhan dasar dan bersifat fisikal, seperti makan (mereka harus berburu), melindungi diri dari cuaca, hingga mempertahankan diri dari serangan musuh. Sementara , penyebab stres manusia mo­dern seringkali lebih bersifat psikologis, walaupun ada pula kemungkinan penyebab lainnya.

APAKAH STRESS ITU ?
 Stress dapat diartikan sebagai kondisi yang dinamis disaat individu dihadapkan pada peluang, tuntutan , penggunaan sumber daya personal dan seuatu yang dianggap penting yang membutuhkan penyesuaian diri .

Dari definisi diatas, stress secara umum dapat dikatakan sebagai sesuatu yang positif . Stress dapat menjadi negatif bilamana seseorang gagal menyesuaikan diri .


Demikian penjelasan singkat mengenai stress. Untuk pembahasan selanjutnya , akan saya uraikan pada tulisan selanjutnya. semoga bermanfaat.

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Stress dan Pengelolaannya ( bagian 1). Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Psikologi Indonesia
feedburner

0 komentar:

Psikologi Indonesia © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By psikologiindonesia.blogspot.com , Powered By Blogger