Psikologi Indonesia

Written By Budi Santosa on Kamis, Januari 28, 2016 | 20.15

http://www.psikologiindonesia.blogspot.co.id/p/psikologi-klinis.html

Untuk bisa menangani secara tepat dan mencegah stress , sangat penting bagi anda untuk mengenali penyebab stres (stressor) yang bisa datang dari luar atau dalam diri Anda. Penyebab stress dari luar, misalnya, tuntutan pekerjaan dan peran dalam lingkungan tertentu sedangkan dari dalam biasanya berkaitan dengan keinginan, harapan, dan target yang ingin segera dicapai.
Sejumlah ahli mengatakan sumber-sumber stres kecil dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin terlihat tidak berbahaya, dapat berkembang menjadi sesuatu yang berbahaya bilamana terjadi berulang-ulang. Ada baiknya andapun ikut waspada terhadap jenis-jenis stress seperti ini
1.      Kecemasan Domestik
Kecemasan Domestik adalah kecemasan yang umumnya terjadi pada masalah pengaturan Rumah Tangga . Contoh dari kecemasan domestik adalah belanja, memasak, pengasuh­an anak-anak, dll.

2.       Kesehatan
Kecemasan akan kesehatan dapat bervariasi . Penyakit ringanpun dapat menimbulkan kecemasan tersendiri khususnya bilamana dianggap dapat mengganggu pola aktifitas , atau pada beberapa orang dengan tanda-tanda kompulsif tertentu, penyakit ringan dapat menjadi teror tersendiri .
Kecemasan dapat juga terjadi pada rasa sakit kronis, menderita sakit yang dianggap mematikan, dll.
3.      Tekanan Waktu
 Tekanan waktu dapat pula menjelma menjadi suatu stress . Contoh mudah di tempat kerja antara lain : jadwal pekerjaan terlalu padat, pekerjaan yang sangat menumpuk sementara jam kerja yang terbatas, dll.
4.      Hubungan Antar Personal
 Manusia adalah makhluk sosial dimana seseorang sangatlah terikat dengan orang lainnya . Masalah yang timbul sebagai akibat dari hubungan antar personal dapat menjadi stress yang berat . Contoh yang bisa diberikan adalah : kesepian, masalah de­ngan pasangan, argumen dengan tetangga atau rekan kerja, dll.
5.      Lingkungan
 Lingkungan dimana kita berada membawa pengarus yang sanagt besar terhadap kesehatan mental kita . Permasalahan akan kurangnya rasa aman, polusi, suasana yang terlalu berisik, dll dapat menyebabkan stress yang berat.
6.      Kecemasan Finansial
Masalah finansial adalah salah satu faktor pemicu stress . masalah anggaran belanja, pemblokiran pin­jaman, utang, dll. adalah beberapa contoh hal yang dapat menyebabkan stress.
7.      Kecemasan di Tempat kerja
             Masa tenggat pekerjaan, bos tidak kompeten, job description tak jelas, dll adalah  
             contoh penyebab stress di tempat kerja
8.      Kecemasan di Tempat kerja
             Masa tenggat pekerjaan, bos tidak kompeten, job description tak jelas, dll adalah  

             contoh penyebab stress di tempat kerja

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang PENYEBAB STRES. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Psikologi Indonesia
feedburner

0 komentar:

Psikologi Indonesia © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By psikologiindonesia.blogspot.com , Powered By Blogger